Travel

Remote Working di India

Aku sempat merasakan bagaimana rasanya kerja jarak jauh atau biasa yang disebut sebagai remote working di India pada tahun 2012 sampai dengan 2014. Menurutku India sangat terjangkau kalau kamu ingin merasakan remote working di negara lain, karena selain biaya hidupnya yang rendah, India adalah negara yang bisa menawarkan keindahan alam dan keanekaragaman budaya serta makanan yang lezat. Untuk menjelajahi India dari utara ke selatan kamu membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi sangat disarankan sambil jalan jalan di India, sempatkan juga untuk remote working disana.

Kalau kamu ingin bekerja jarak jauh dan tinggal di India berikut adalah tips-tips dasar kalau ingin tinggal di India selama remote working.

Visa

Orang Indonesia sekarang bisa menggunakan visa on arrival yang berlaku hingga 60 hari, Visa On Arrival bisa kamu dapatkan dengan mengisi formulir online dan sesampainya disana kamu tinggal menunjukkan formulir tersebut untuk diganti dengan visa.  kalau ingin tinggal lebih lama kamu bisa menggunakan visa bisnis. Untuk mendapatkan visa bisnis, kamu harus memiliki sponsor dari perusahaan yang terdaftar di India. Visa bisnis berdurasi selama 1 tahun dan kamu boleh tinggal di India maksimal 60 hari sekali kunjungan (dalam arti setiap 2 bulan sekali kamu harus keluar dari India, mungkin bisa sempatkan waktu ini untuk mengunjungi Nepal atau Srilanka). Visa Bisnis hanya bisa didapatkan di kedutaan besar India atau Konsulat Jenderal India di Indonesia.

Memilih rute pesawat

Kalau kamu ingin mendapatkan tiket murah menuju India, sebaiknya cari tiket pesawat dari Indonesia menuju kota kota berikut: Kochi, Hyderabad, Bangalore atau Chennai. Kota kota ini lebih dekat jaraknya ke Indonesia dan juga banyak penumpang dari kota kota tersebut yang hendak transit di Malaysia. Dari kota-kota tadi, kamu bisa menggunakan jasa bis atau jasa kereta umum jika hendak menuju kota-kota besar. Terkadang kamu juga bisa mendapatkan harga penerbangan lebih murah jika kamu terbang di dalam negeri.

Tempat tinggal

Akomodasi di India berkisar antara 2 juta – 5 juta rupiah per bulan. Biasanya tempat tinggal yang umum adalah kost atau apartment. Apartment di India rata-rata sudah termasuk dapur, kamar mandi dan terdiri dari 1 atau 2 kamar. Biasanya mereka sebut  BHK (Bathroom, Hall Kitchen) atau  BR (bedroom saja) Mencari tempat tinggal di India bisa di bilang susah – susah gampang. Kamu bisa memulai untuk mencari akomodasi di beberapa situs seperti OLX atau bergabung dengan berbagi facebook group seperti Flats Without Brokers India.

Coworking space

Coworking space di India cukup banyak di kota-kota besar. Kota-kota di India yang memliki jaringan internet yang oke dan juga komunitas digital nomad yang besar adalah di Mumbai atau Bangalore. Kalau kamu memutuskan untuk bekerja di Mumbai, sempatkan untuk mengunjungi Bombay Connect. Coworking space ini lebih banyak diminati oleh social entrepreneurs. sedangkan kalau kalian ingin mengunjungi Bangalore, tempat favoritku adalah Jaaga yang banyak diminati oleh creative entrepreneurs.

Internet

India tidak memiliki akses internet semudah yang kita kira. Kebanyakan cafe tidak memiliki wifi gratis atau tidak ada wifi sama sekali, kalau kamu membutuhkan internet maka aku sarankan untuk menjadi member di coworking space. Dulu aku menggunakan hotspot 3G/4G dari smartphone kalau memang butuh internet. Tapi untuk masalah kecepatan Internet kamu tidak perlu khawatir, rata rata mereka memiliki kecepatan yang stabil sekitar 2-3 MBPS. Tapi untuk punya SIM card di India sedikit agak ribet. Kamu harus mengisi formulir di counter HP, dan mereka butuh waktu sekitar 2-3 hari untuk memverifikasi data kamu. 

Biaya hidup

Biaya hidup di India relatif lebih murah ketimbang di Indonesia, untuk makan rata rata kamu bisa menghabiskan 10,000 – 40,000 Rupiah sekali makan. Transportasi di India juga cukup terjangkau karena banyaknya rickshaw, harga rickshaw pun tergantung dari jarak yang mau kamu tempuh. Biasanya dalam sebulan aku menghabiskan biaya hidup sekitar 7-10 juta per bulan. Berikut adalah rincian pengeluaran dalam rupiah selama per bulan.

Tempat tinggal IDR1,500,000.00
Makan IDR3,000,000.00
Coworking Space passes IDR500,000.00
SIM Card IDR100,000.00
Hiburan IDR1,200,000.00
Transport IDR600,000.00
Lain lain IDR600,000.00
Total IDR7,500,000.00

Coba kita bandingkan pengeluaran tersebut dengan tinggal di kota besar di Indonesia, kurang lebih kalian akan mengeluarkan uang yang sama.

Secara garis besar, remote working di India sangatlah terjangkau bagi warga Indonesia. Jika kalian ingin merasakan remote working di negara lain, aku sangat merekomendasikan India sebagai starting point.