Hidup Sehat

Beda Non-veg, Vegetarian, Pescetarian, Vegan, Raw food dan Gluten Free

Makanan selain kebutuhan juga merupakan pilihan hidup. Sewaktu kita bersekolah dahulu, kita dikenalkan dengan namanya piramida makanan dengan indoktrinasi melalui kampanye empat sehat lima sempurna. Tapi seiring berjalannya waktu, saat ini kita melihat ada berbagai macam orang dengan berbagai macam pilihan diet: ada yang memilih untuk memakan daging, ada yang memilih untuk hanya makan sayur dan buah buahan saja. Selain itu banyak sekali jargon-jargon bermunculan di internet saat ini. Ada Non veg, vegetarian, pescetarian, vegan, raw food, atau gluten free. Yuk kita simak apa aja sih perbedaanya?

Non veg atau Non Vegetarian

Secara mudahnya Non veg atau Non-vegetarian adalah berarti orang yang bukan vegetarian. Ini adalah diet yang mengkonsumsi segala jenis produk hewan dan juga sayur-sayuran. Produk hewan disini dapat berupa daging, seafood, susu hewan dan telur. Non vegetarian merupakan jenis diet yang paling umum diikuti oleh masyarakat di dunia. Karena diet ini paling umum dilakukan di seluruh dunia, saat ini kita dapat melihat dampak buruk peternakan dan juga konsumsi produk hewan bagi kesehatan manusia dan juga lingkungan.

Pescetarian

Pescetarian diambil dari kata Itali “pesce” yang berarti ikan. Pescetarian merupakan setahap di bawah non vegetarian karena mereka tidak mengkonsumsi daging hewan ternak dan unggas namun masih mengkonsumsi telur, susu dan seafood. Mereka yang menjadi pescetarian bergantung kepada hewan hewan laut sebagai sumber protein mereka.

Vegetarian

Vegetarian adalah mereka yang tidak mengkonsumsi produk hewan seperti daging, seafood namun masih tetap mengkonsumsi susu dan telur. Vegetarian pun banyak cabangnya, ada yang namanya ovo-vegetarian yang mana dia tidak makan daging tetapi masih mengkonsumsi telur. Ada pula yang lacto-vegetarian yang mana dia tidak makan daging dan telur tapi masih mengkonsumsi susu. Di India mayoritas penduduknya adalah vegetarian dan non-vegetarian. Tapi ada juga sub dari vegetarian ini sendiri yang disebut sebagai Jain Vegetarian, yang mana mereka adalah salah satu agama di India yang menganut paham Ahimsa: yaitu meminimalisir rasa sakit sekecil mungkin. Jain Vegetarian tidak memakan apapun yang dapat membunuh kelangsungan hidup dari makhluk tersebut. Mereka tidak memakan umbi-umbian, bawang-bawangan atau kacang-kacangan karena untuk memakan tumbuhan tersebut kamu harus mengambil seluruh tumbuhan (baca: petik dari akar) sehingga tumbuhan dapat mati.

Vegan

Vegan atau sering disebut sebagai plant based diet adalah jenis diet yang tidak mengkonsumsi produk hewan apapun baik dari segi daging, seafood, susu dan telur. Vegan juga bisa dibilang sebagai lifestyle karena selain tidak memakan produk hewan mereka juga berusaha untuk tidak menggunakan barang-barang yang bisa dibilang mengandung unsur kekejaman terhadap hewan itu sendiri. Seperti contohnya tidak menggunakan pakaian dengan bulu atau kulit hewan karena industri fashion ini mengeksploitasi hewan-hewan tersebut.

Raw Food

Raw food bukan sashimi atau daging mentah. Raw food adalah bagian dari diet berdasarkan tumbuh-tumbuhan yang secara teknis berarti jenis makanan yang tidak dihangatkan lebih dari 48 derajat celcius. Kebanyakan makanan-makanan ini tidak dimasak atau bisa dibilang makanan yang terbuat dari bahan-bahan yang sesuai dengan aslinya atau alami. Makanan-makanan ini tentunya harus aman dimakan jadi kebanyakan raw food adalah buah-buahan dan sayur-sayuran. Kegunaan dari raw food sendiri adalah untuk menjaga kadar nutrisi, enzim, air, oksigen dari bahan makanan tersebut. Di dalam sub Raw food juga ada yang dikenal sebagai Fruitarian. Orang- orang yang mengikuti diet fruitarian seperti Steve Jobs, memilih untuk hanya memakan buah-buahan saja dan sebagian juga kacang-kacangan.

Gluten Free

Gluten Free lebih mengarah kepada alergi terhadap makanan-makanan yang terbuat dari gandum. Jenis alergi atau penyakit ini disebut sebagai Penyakit Ceiliac. Bagi mereka yang mengidap penyakit ini akan mengalami gangguan pencernaan dan gejala-gejala lainnya seperti migraine, gatal-gatal, asma dan lain-lain. Jenis-jenis makanan yang tidak dikonsumsi bagi yang mengikuti diet gluten free adalah antara lain: pasta, roti, sereal, beer. Sebenarnya saat ini kebanyakan orang memilih untuk mengikuti diet gluten free untuk mengikuti tren gaya hidup sehat. Kebanyakan produk-produk yang mengandung gandum biasanya penuh dengan makanan pabrikan yang mengandung zat-zat yang tidak baik bagi tubuh.

Buat yang masih bingung, yuk tengok diagram perbedaan jenis diet ini

Yang dimakan Yang tidak dimakan
Non Vegetarian daging ternak, unggas, seafood, sayur, buah, kacang-kacangan, umbi-umbian, gandum, susu, telur
Pescetarian seafood, sayur, buah, kacang-kacangan, umbi-umbian, gandum, susu, telur daging ternak, daging unggas
Vegetarian sayur, buah, kacang-kacangan, umbi-umbian, gandum, susu, telur daging ternak, daging unggas, seafood
Ovo-Vegetarian sayur, buah, kacang-kacangan, umbi-umbian, gandum,telur daging ternak, daging unggas, seafood, susu
Lacto-Vegetarian sayur, buah, kacang-kacangan, umbi-umbian, gandum, susu daging ternak, daging unggas, seafood, telur
Vegan sayur, buah, kacang-kacangan, umbi-umbian, gandum daging ternak, daging unggas, seafood, susu, telur
Raw Food sayur, buah, kacang-kacangan, umbi-umbian, gandum daging ternak, daging unggas, seafood, susu, telur

dan

sayur, buah, kacang-kacangan, umbi-umbian, gandum yang dimasak lebih dari 48 derajat celcius

Fruitarian 75% buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, gandum, umbi daging ternak, daging unggas, seafood, susu, telur
Gluten Free daging ternak, unggas, seafood, sayur, buah, kacang-kacangan, umbi-umbian, susu, telur gandum-ganduman (barley, rye, wheat)