Bitcoin

Bitcoin – Uang yang terdesentralisasi

Bitcoin merupakan mata uang baru yang terdesentralisasi. Fitur ini merupakan fitur penting dari bitcoin dan tidak terpisahkan dari mata uang ini. Kenapa desentralisasi uang itu penting dan apa kegunaannya. Dalam blog ini kita akan membahas makna dari desentralisasi uang

Uang di masa lampau

Dari jaman dahulu orang mencari cara untuk dapat menukarkan kebutuhan mereka. Satu orang memiliki lima telur dan satu orang memiliki kain sutra. Bagaimana satu sama lain dapat menukarkan nilai yang mereka miliki? dibutuhkanlah sebuah alat tukar. Pasar pun mencipatakan uang sebagai alat tukar. Ingat pada zaman dahulu bukanlah pemerintah yang menentukan uang, karena ada kebutuhan supply dan demand maka pasar menciptakan medium yang bisa menjembatani kebutuhan tersebut.

Dari satu peradaban ke peradaban yang lain uang pun beralih bentuk. Dari garam, kerang, biji cacao, hingga logam mulia dan perak. Perekonomian dari desa kecil pun beralih menjadi antar desa hingga antar negara. Untuk menghitung siapa berhutang kepada siapa di dalam satu desa masih cukup mudah. Tapi disaat perdagangan terjadi lintas negara dan lintas desa sekarang perhitungan menjadi suatu hal yang kompleks

Keluarga Medici dan munculnya uang kertas

Keluarga Medici merupakan keluarga ternama di Florence Italy dan memiliki peran besar bagaimana sistem perbankan kita saat ini. Medici memiliki kemampuan bookkeeping dan mengetahui bahwa hutang pun dapat dipindahtangankan.

Jika A harus membayar uang kepada B sebesar 10 emas. Dan B harus membayar ke C sebesar 5 emas, daripada memindahkan emas dari A, B dan ke C maka Medici mengeluarkan kertas sebagai representasi dari emas tersebut. Emas ini ditaruh di dalam Bank Medici. Dan Medici memiliki tanggung jawab untuk mencatat pergerakan kertas ini didalam pembukuannya. Ini merupakan kelahiran dari sistem perbankan kita.

Pedagang-pedagang pun mulai menggunakan jasa Medici. Daripada memindahkan emas yang riskan untuk dirampok atau dicuri orang maka pedagang lebih memilih untuk menyimpannya di tempat Medici dan menukarkan kertas saja. Seluruh pedagang percaya kepada Medici dan Medici memiliki kekuatan sentral untuk mencatat seluruh transaksi para pedagang. Medici juga menciptakan Letter of Credit dan juga memberikan pinjaman dengan bunga.

Karena kepercayaan yang diberikan sungguh besar dari berbagai pihak, maka keluarga Medici memiliki kekuatan luar biasa, dari mendapat gelar bangsawan hingga juga menjadi Paus Agung.

Keluarga Medici dari Florence Itali sebagai orang pertama yang memiliki kekuatan sentral uang

Uang di tangan bank sentral

Dipercepat beberapa abad, peran perbankan Medici saat ini juga dilakukan oleh bank sentral. Secara umum bank-bank di seluruh negara tunduk kepada bank sentral. Dan Bank Sentral yang memiliki kuasa untuk mencatat seluruh perputaran uang yang kita miliki. Sama seperti keluarga Medici, Bank Sentral memiliki kepercayaan penuh dan kekuasaan penuh.

Namun berbeda dengan keluarga Medici yang mensirkulasikan uang kertas senilai dengan emas yang ada di dalam brankas mereka, saat ini hanyalah kertas dan digit saja yang beredar tanpa adanya emas yang membacking sirkulasi ini.

Jadi kita memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada bank sentral untuk memastikan kalau pencatatan itu benar adanya dan juga tidak ada yang tahu sebenarnya ada berapa uang yang beredar saat ini. Bank Sentral dapat menghasilkan uang hanya dengan memindahkan angka dari pencatatan di dalam pembukuan. Make money out of nothingness

Sentralisasi: uang anda bukan milik anda

Saat ini setiap pergerakan uang yang anda lakukan diluar dari uang tunai dicatat oleh bank sentral. Setiap pergerakannya. Apakah anda sedang membeli secangkir kopi di starbuks, bank anda tahu. Apakah anda telat membayar cicilan rumah anda, bank anda tahu. Apakah anda baru saja mendapatkan hadiah ulang tahun berupa uang, bank anda tahu. Jika transaksi anda sedikitnya dianggap mencurigakan, uang anda dapat ditahan oleh bank.

Setiap anda melakukan suatu transaksi, bank sentral selalu mengaitkan transaksi tersebut dengan data pribadi anda. Setiap saat anda melakukan transaksi dengan kartu kredit, anda harus berbagi data pribadi anda seperti alamat anda, nama anda, dan detail kartu anda. Data anda dapat terkompromi dari aktor jahat yang bisa menggunakan data data ini untuk niat yang buruk.

Kenapa bank anda harus tahu? karena uang yang anda miliki sebenarnya bukan milik anda. Uang anda yang dikeluarkan oleh bank sentral adalah milik dari bank sentral. Buktinya biarpun anda memiliki ratusan juta di dalam rekening bank anda, anda tetap harus tunduk dengan minimum transaksi yang ditetapkan oleh bank.

Ratusan orang Lebanon berbondong-bondong ke Bank untuk menarik uang yang mengakibatkan aksi protes

Keamanan juga suatu hal yang rawan dalam uang tersentralisasi. Seperti kemungkinan adanya perampokan bank atau bahkan jika bank anda berspekulasi dan rugi, bisa jadi bank tutup dan uang anda tidak dapat ditarik.

Kita bisa lihat contoh ekstrimnya di China dimana seluruh transaksi keuangan saat ini tersentralisasi secara digital dan dilakukan oleh Aplikasi seperti WeChat. Pemerintah memiliki kekuasaan untuk memonitor segala kegiatan dari masyarakatnya. Sebagai hasilnya pemerintah bisa mengisolir kegiatan ekonomi anda. Akun anda bisa dibekukan, anda tidak dapat mengakses transportasi, sekolah bahkan hal paling dasar seperti internet.

Sistem pengawasan China juga berkaitan dengan Social Credit System

Bitcoin uang yang terdesentralisasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa uang digital yang kita gunakan saat ini banyak kegunaannya. Tapi permasalahan utama terletak dari sifat uang fiat kita yang tersentralisasi dan rawan akan penyalahgunaan. Bitcoin diciptakan sebagai perlawanan terhadap bank sentral

Dengan Bitcoin maka anda adalah bank. Setiap orang adalah bank, Setiap orang adalah Medici. Setiap orang memiliki catatan transaksi atau ledger yang terjadi di seluruh dunia. Kalau ada transaksi yang dianggap tidak sah, maka transaksi tersebut dapat dengan cepat ditemukan dan ditolak di dalam sistem.

Dengan Bitcoin maka uang yang anda punya adalah milik anda sepenuhnya. Karena uang bitcoin tidak akan keluar dari network. Selama anda memiliki akses private key tidak ada yang bisa mengambil uang anda. Tidak ada dana minimum atau limit maksimum yang bisa anda tarik atau anda transfer.

Identitas pribadi anda tidak terkompromi. Tidak ada orang yang dapat menilai perilaku konsumsi anda. Apakah uang yang anda transfer ini untuk kepentingan bisnis, kepentingan pribadi. Di dalam jaringan bitcoin, nodes tidak peduli. Sehingga identitas anda aman dari ancaman aktor jahat.

Bitcoin tidak memiliki kontrol sentral, tidak ada management, tidak ada perusahaan yang menguasainya. Sehingga tidak ada kemungkinan gagal dari satu pihak saja. Sentralisasi bitcoin terletak kepada pasar. Karena setiap pengguna adalah pasar, dan setiap nodes adalah bagian dari pasar.

Bitcoin mengharuskan penggunanya untuk bertanggung jawab terhadap aset yang mereka miliki sebagai ganti dari kebebasan yang anda dapatkan. Karena anda adalah bank, anda harus pintar menyimpan dan mengamankan aset anda.

Di era dimana sentralisasi semakin mencekik, data pribadi kita dikompromi, sensorship merajalela, bitcoin adalah udara segar untuk manusia bernafas lega. Sistem sentralisasi ini sudah mendekati akhirnya. Kita bisa melihat dari perkembangan ekonomi saat ini. Saatnya waktu kita untuk beralih ke bitcoin.