Bitcoin

Kepada Keluarga dan Kerabatku

Artikel terjemahan dari “Dear Family, Dear Friends” oleh Gigi

Saya menuliskan surat ini karena saya yakin akan dua hal: (1) sistem keuangan kita secara fundamental rusak (2) apabila anda menggunakan uang yang lebih superior, dalam jangka panjang uang ini akan bermanfaat bagi anda secara khusus – dan masyarakat secara umumnya

Uang adalah topik yang sangat sensitif – kebanyakan orang tidak mau membicarakan hal ini, entah karena mereka merasa malu memiliki sedikit uang, atau karena mereka takut karena memiliki banyak uang. Hanya sedikit orang yang benar benar tahu tentang uang, sedikit mengejutkan – karena uang adalah alat yang sangat esensial dalam peradaban kita

Dunia telah berubah secara drastis dalam beberapa dekade terakhir, tak luput juga perubahan dalam dunia keuangan. Sedihnya, sistem keuangan kita tidak berubah menjadi lebih baik. Faktanya, pemerintah di seluruh dunia menciptakan triliun (dengan T) dollar secara ajaib, ini merupakan bukti betapa terpisahnya sistem keuangan kita dengan realita di dunia.

Saya harap surat ini dapat menanamkan ide untuk masa depan yang lebih baik. Masa depan yang lebih baik untuk anda secara personal, dan masa depan yang lebih baik untuk kita semua. Di satu sisi, saya menuliskan surat ini karena saya khawatir apa yang akan terjadi di masa depan. Tetapi di sisi lain saya juga punya keyakinan, karena saat ini, kita punya jalan keluar – kita punya rencana B

Rencana B

Saat ini, anda mungkin pernah mendengar tentang Bitcoin. Nama ini sering disebut di beberapa pemberitaan, di TV dan referensi pop kultur (The Simpson, Mr Robot, Sillicon Valley, The Big Bang Theory, Grey’s Anatomy, Family Guy dan The Simpson lagi) Apapun yang anda tahu tentang Bitcoin, sebenarnya ada sesuatu yang lebih mendalam dibaliknya.

Bitcoin adalah uang masa depan

Walaupun Bitcoin telah diulas oleh beberapa media mainstream, tetapi masih banyak kesalahpahaman tentang apa itu Bitcoin dan perannya di dunia. Namun, karena semakin banyaknya kebobrokan intervensi keuangan oleh Bank Sentral dan juga institusi serupa, bahkan narasi media mainstream kini mulai berubah. Bitcoin tidak lagi disinonimkan dengan kriminalitas dan uang darknet. Saat ini, bitcoin makin serupa dengan uang sejati (sound money), berguna sebagai alat perlindungan untuk sistem saat ini, sebagai cara untuk menggapai kebebasan, dan paradigma yang berbeda.

Jika anda membaca ini dan masih belum memiliki Bitcoin maka anda harus memikirkan cara bagaimana mendapatkannya. Saat ini sangatlah mudah untuk mendapatkan sats (fraksi kecil dari bitcoin) dan menjadi adopter awal dari uang global masa depan.

Sebagai peringatan: Saya tidak akan memberitahukan kepada anda bagaimana cara kerja Bitcoin. Saya tidak akan menceritakan tentang sejarahnya, atau tentang penemunya yang misterius, atau tentang desain nya yang luar biasa, kriptografi atau game theory di belakangnya. Saya tidak akan membicarakan tentang teori ekonomi atau properti moneter atau tentang sejarah uang. Ada banyak sumber yang membahas tentang hal tersebut. Lagipula, ini seharusnya berupa sebuah surat bukan sebuah buku.

Akan tetapi, karena saya peduli dengan anda, saya akan memberitahukan anda satu hal, lagi dan lagi: mulailah mengumpulkan sats, secepatnya.

Kumpulkan Sats, Sekarang Juga

Anda mungkin berpikir bahwa anda sudah telat untuk bergabung, kapal telah berlayar. Salah, anda masih sangat awal. Bitcoin akan terus bergerak maju, berkembang dari segi besaran dan juga nilainya, Dia akan memakan mata uang fiat yang dikontrol oleh pemerintah yang saat ini menguasai dunia. Bagaimana saya bisa tahu bahwa sekarang masih sangat awal? Walaupun banyak yang telah mendengar Bitcoin tetapi masih sangat sedikit orang yang menggunakan atau memilikinya. Terlebih lagi, jika kita membandingkan dengan kapitalisasi pasar Bitcoin dengan aset lain atau uang yang lain, Bitcoin masih memiliki ruang untuk berkembang yang cukup besar.

Disaat saya menulis ini, kapitalisasi pasar bitcoin berada di sekitar $137 milyar (Untuk memudahkan perhitungan kita memakai standar dollar) Total kapitalisasi pasar dari emas berada di kisaran $9 triliun dollar (kurang lebih 65 kali lebih besar daripada Bitcoin). Saat ini real estate secara global berada di angka $228 trillion ( kurang lebih 1,664 kali lebih besar). Bitcoin mungkin akan mengambil beberapa (dalam hal ini real estate) atau seluruh (dalam hal ini emas) nilai, mendemonetisasi aset tersebut dan aset lain dalam prosesnya. Sekali lagi, saat ini kita masih berada di awal.

“Kita berada di dalam proses untuk mengukur harga di dunia menggunakan sats” – Bitcoin Tina

Memang, membeli dan menyimpan bitcoin itu ada seninya. Sangat mudah untuk melakukan hal yang bodoh. Sangat mudah untuk terjerat penipuan. Ada kemungkinan anda dapat kehilangan akses dari bitcoin anda selamanya. Maka dari itu peringatan untuk anda sejak dini: Mohon belajarlah dan berhati-hatilah agar anda tidak berbuat kesalahan.

Sayangnya, saya tidak punya “Bitcoin Guy or Girl” yaitu seseorang yang mengerti tentang apa yang sedang terjadi. Saya tidak punya teman yang memberitahukan saya “percaya deh, beli saja sedikit bitcoin” — atau yang lebih baik: “percaya deh, beli secara rutin.”

Maka saya ingin menjadi Bitcoin Guy or Girl untuk anda. Ini yang akan saya beritahukan kepada anda, sebagai seorang teman: “kumpulkan sats sekarang” Kalau anda sudah melakukannya, bagus. Kalau belum, maka mulai kumpulkanlah. Ini mudah sekali.

Kenapa Bitcoin itu Penting

Kita sebagai masyarakat, membutuhkan Bitcoin daripada Bitcoin membutuhkan kita. Uang adalah alat yang esensial bagi usaha dalam berbagai skala. Ia berlaku sebagai alat ukur, sebagai solusi dari permasalahan barter, sebagai kendaraan untuk menyimpan harta melewati ruang dan waktu, serta berbagai macam hal lain. Secara singkat: uang sangat penting supaya kehidupan bermasyarakat yang kompleks dapat berfungsi dengan baik. Akan tetapi, dari berbagai kejadian krisis finansial dan terutama disaat merebaknya virus di dunia benar benar menunjukkan bahwa uang kita secara fundamental rusak.

“Akar permasalah dari mata uang konvensional adalah diperlukan sebuah kepercayaan agar uang dapat berfungsi. Bank sentral harus dipercaya untuk tidak menurunkan nilai dari mata uang, tetapi berdasarkan sejarah dari mata uang fiat, banyak sekali penyalahgunaan dari kepercayaan tersebut”

Satoshi Nakamoto

Virus tidak hanya mengingatkan kita tentang kerapuhan kehidupan manusia, tetapi juga menunjukkan kerapuhan dari supply chain dan sistem global lainnya. Terutama, ini menyorot betapa konyolnya sistem finansial dan moneter kita. Dalam waktu yang singkat, Bank Sentral Amerika Serikat: Federal Reserve Bank mencetak milyaran hingga triliun dollar, hingga tawaran untuk mencetak koin denominasi platinum trilliun dollar ke quantitatve easing tak terbatas hingga uang kas tak terbatas. Para ekonom dan politisi berbicara tentang bagaimana menyelamatkan ekonomi, menyuntikkan likuiditas, atau quantitative easing, atau perjanjian pembelian terbalik kembali, atau menyelamatkan perusahaan yang terlalu riskan untuk bangkut (lagi-lagi) —mereka melakukan segala cara untuk memperpanjang waktu dari keruntuhan yang tak terelakkan.

Walaupun pembahasaannya selalu aneh, tetapi akibatnya sangatlah simpel: alat esensial dari peradaban kita ini bengkok dan terdistorsi. Hyperinflasi adalah akibat dari kerusakaan alat dibawah tekanan yang konstan. Hyperinflasi atau tidak, akibatnya bagi individual selalu sama: uang yang kamu simpan akan terus terdevaluasi, kemampuan daya belinya berkurang. Entah jika uang itu diam dibawah tempat tidur anda atau di dalam akun rekening bank anda, keduanya tidak ada bedanya.

“Dunia sudah menjadi gila dan sistemnya rusak” – Ray Dalio

Seperti yang Ray Dalio jelaskan secara elegan: sistem uang kita yang berlandaskan hutang sudah rusak dari sananya. Bitcoin memperbaiki ini, karena bitcoin bukan berdasarkan hutang. Bitcon memperbaiki ini karena ia memilki supply yang terbatas. Bitcoin memperbaiki ini karena bitcoin tidak dapat diciptakan secara semena-mena, karena tidak ada penjaga, tidak ada kekuatan sentral yang dapat merusaknya.

Bitcoin adalah obat dari teori moneter modern. Ini sangat penting untuk meluruskan dunia uang fiat yang bengkok.

Uang terbaik yang dapat kita miliki

Sifat moneter dari Bitcoin adalah ia didesain dari dasarnya untuk menjadi superior dibandingkan dengan bentuk uang yang lain. Bitcoin sangat mudah dipindahkan, benar-benar langka, dapat dibagi, mudah untuk diverifikasi, tahan lama, sepadan dan tahan akan sensor. Seperti teman saya pernah bilang: Bitcoin adalah sebuah emas super yang menembus di dalam Paypal tak terhentikan. Ini adalah bentuk uang terbaik yang dapat kita miliki.

Tidak ada otoritas sentral yang memberikan sifat ini kepada Bitcoin. Sifat ini muncul secara alami di dalam sistem, ini adalah fakta yang indah dan juga penting. Sehingga, Bitcoin adalah uang rakyat: untuk rakyat dan dari rakyat. Tidak dikontrol oleh siapapun dan dapat digunakan oleh siapapun.

“Belilah tanah, mereka tidak membuat barang itu lagi” – Will Rogers

Will Rogers memiliki ide yang tepat: kelangkaan memiliki nilai. Akan tetapi, sebagai alat penyimpan nilai, Bitcoin lebih superior dibandingkan dengan tanah (dan emas) dalam berbagai hal. Tidak ada aset yang dapat secara ajaib bergerak di dalam internet atau chanel komunikasi lain. Bitcoin memiliki masa jenis dengan nilai tertanggi dari segala macam aset, ia adalah informasi murni. Kamu dapat memiliki Bitcoin senilai milyaran dollar yang disimpan di dalam kepalamu, mempertahankan hartamu walaupun anda dilucuti sampai telanjang.

Ada banyak kesalahpahaman dalam Bitcoin, berikut adalah beberapa yang paling menonjol:

  • Bitcoin terlalu mahal
  • Bitcoin adalah tekonologi lawas
  • Bitcoin terlalu rumit
  • Bitcoin spekulatif dan beresiko
  • Bitcoin akan digantikan oleh koin yang lain

Mari kita telusuri ini satu persatu

Bitcoin terlalu mahal: Kebalikannya! Jangan biarkan “Aku butuh satu koin utuh” mengecoh anda. Bitcoin sebenarnya mash sangat murah. Akan tetapi jika anda berpikir demikan, anda bertanya kepada orang yang tepat. Orang berpikir bahwa Bitcoin sangat mahal semenjak ia dibuat. Bitcoin akan terus mahal jika sudut pandang anda masih berakar kepada uang fiat.

Bitcoin adalah tekonologi lawas: Pertama-tama, Bitcoin adalah ciptaan moneter dibandingkan ciptaan teknologi. Tujuannya adalah untuk menggantikan lapisan dasar moneter dari masyarakat kita — Bitcoin bukan aplikasi viral di dalam smartphone anda. Kedua, Bitcoin terus menerus membaik dan berevolusi dengan cepat. Sangat tidak mungkin untuk mengikuti perkembangannya di berbagai bidang.

Bitcoin terlalu rumit: Ya benar, Bitcoin memang tidak mudah untuk dipahami (tetapi sistem finansial tradisional pun juga sulit untuk dipahami) Untungnya, seperti teknologi yang kompleks lainnya, penggunaan tidak memerlukan pemahaman secara utuh. Jika iya, anda mungkin tidak akan dapat memahami bagaimana menggunakan smartphone, atau internet atau bahkan mengendarai mobil. Dalam hal penggunaan, Bitcoin menjadi semakin mudah seiring berjalannyawaktu. Seperti menggunakan internet beberapa dekade yang lalu tidaklah mudah, sama halnya menggunakan Bitcoin sekarang terkadang terdapat beberapa kendala.

Bitcoin itu beresiko dan spekulatif: Jangan berspekulasi. Tetaplah rendah hati dan kumpulkan sats. Jika itu tidak cukup bagi anda, bagaimana faktorkan ke dalam portofolio anda bahwa perbandingan 5% bitcoin dan 95% kas dapat menghasilkan profit lebih besar daripada saham selama 6 tahun terakhir. Masih terlalu beresiko?

Bitcoin akan digantikan dengan koin yang lain: Bitcoin adalah raja dan satu-satunya lawan yang paling serius dalam hal kelangkaan digital. Bitcoin memiliki efek jaringan terbaik, likuiditas tertinggi dan juga keamanan tertinggi dibandingkan dengan yang lain. Tidak ada yang mendekati, dan saya juga tidak ingin menghabiskan tinta digital menamai koin-koin yang lain. Yang bisa saya bilang tentang peniru Bitcoin adalah ini: jangan sentuh mereka. Walaupun shitcoin sangatlah menarik dan sulit untuk ditolak, ada alasan kenapa mereka disebut shitcoin. Bitcoin tidak dapat di copy. Ini adalah penemuan yang memliki alur di dalam lingkungan dimana pemenang akan mengambil semuanya.

” Ada Bitcoin, dan ada juga Shitcoins” – Warren Davidson

Shitcoin adalah jalan buntu, jangan pergi kesana. Tidak ada hal lain selain sakit dan derita menunggu anda disana.

Kenapa Mengumpulkan Sats itu Superior

Disaat saya menulis ini, $1 (Rp 14,000) sama dengan 14,488 sats. Anda menukar $70, anda adala jutawan satoshi. Bitcoin mahal tapi sats murah.

Saya mengumpulkan sats setiap hari, berkat Auto DCA

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Bitcoin sangatlah mudah untuk dipecah. Sekali lagi, jangan biarkan bias dari unit hitung mengecoh anda. Ada cukup bitcoin untuk semua orang. Jika anda berusaha membeli bitcoin dalam jumlah besar biasanya membuat anda harus memperhitungkan waktu di dalam pasar. Mengumpulkan sats menghilangkan tekanan psikologis. Bahkan, banyak layanan saat ini yang membantu anda untuk mengumpulkan sats secara otomatis. Atur dan lupakan, setelah itu tumpukan anda akan berkembang secara otomatis. Tidak perlu memikirkan tentang timing, tidak perlu mengecek harga secara berkala, tidak ada tekanan untuk pemelihara.

Kita tahu pepatah lawas “Saat yang terbaik untuk menanam pohon adalah dua puluh tahun yang lalu, saat terbaik kedua adalah sekarang” Pepatah ini sama seperti mengumpulkan sats – hanya saja Bitcoin belum ada 20 tahun yang lalu. Sekarang bitcoin sudah lebih dari 11 tahun, meledak menjadi kesadaran global beberapa tahun yang lalu.

“Waktu terbaik untuk mengumpulkan sats adalah 10 tahun yang lalu, waktu terbaik kedua adalah sekarang”

Intinya: jangan membuat diri anda tersiksa dengan hanya memiliki 0% alokasi di Bitcoin. Sekarang belum telat untuk keluar dari nol. Sekali lagi: sekarang belum telat. Anda masih sangat awal. Saat ini, anda masih dapat menukarkan uang anda dengan bitcoin. Di masa depan, mungkin anda harus bekerja untuk mendapatkannya. Pikirkan begini: jika perkiraan tren Bitcoin akan terus berlanjut, tidak akan pernah ada waktu yang buruh untuk menukarkan uang fiat anda dengan Bitcoin.

Bitcoin adalah permainan akumulasi. Di saat anda memahami itu, mengumpulkan sats merupakan strategi paling jelas. Supply yang tidak elastis dan kapitalisasi market yang kecil membuat Bitcoin lebih volatil jika dibandingkan dengan aset yang lain. (Walaupun, jika dibandingkan dengan pergerakan pasar tradisional terkini, Bitcoin cenderung stabil). Mengumpulkan sats membuat anda dapat menghiraukan pergerakan volatilitas pasar. Anda akan fokus dalam mengumpulkan secara pasif atau menabung dibandingkan dengan trading.

“Bitcoin adalah bentuk uang baru yang digital dan bebas dari tangan pemerintah atau perusahaan besar. Sangat sulit untuk di ambil, di blockir atau diinflasikan serta sangat mudah untuk dikirim di seluruh dunia. Ini merupakan uang terbaik yang pernah kita punya. Semakin banyak orang memahami ini, harganya akan semakin naik” – Matt Odell

Jika anda memperbesar perspektif anda, akan sangat jelas terlihat bahwa pergerakan harga Bitcoin adalah ke atas dan ke kanan. Sehingga, ada alasan untuk mempercayai bahwa tren ini akan terus berlanjut. Walaupun trend ke atas ini utuh, harga dari Bitcoin akan terus naik turun untuk sementara. Saran saya: lupakan harganya. Keluarlah dari nol, apakah anda masih memiliki sats kosong? berhenti bermalas-malasan, mulailah mengumpulkan sats!

Beberapa hal untuk diingat:

Anda mungkin berpikir anda tidak memiliki uang yang cukup untuk mengumpulkan sats. Saya meragukannya. Jika anda membaca ini, anda mungkin berada dalam level 4 dari level pendapatan dan mampu untuk menyisihkan Rp 15,000 atau Rp 30,000 per hari. Ingat: beberapa ribu rupiah bisa ditukar dengan puluhan ribu sats. Ada juga cara secara tidak langsung untuk mengumpulkan sats seperti layanan cashback yang dapat membayarmu dengan sats. Anda juga bisa meninggalkan perilaku buruk dan mulai mengumpulkan sats dari uang yang kamu tabung. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Sats masih sangat murah. Saya yakin dalam waktu dekat akan tiba masanya anda tidak akan mungkin mendapatkan puluhan ribu satoshi di harga Rp 15,000. Daya beli dari rupiah akan terus menurun, daya beli bitcoin akan terus naik, berdasarkan historisnya. Akan tetapi, biarpun harga bitcoin terus naik, anda pasti masih bisa mendapatkan beberapa sats di harga Rp 15,000 atau kurang di masa depan.

Percaya atau tidak, nilai dollar akan terus menurun (dan juga rupiah)

Anda orang yang skeptis, saya mengerti. Saya pun dulunya skeptis. Butuh waktu yang sangat lama bagi saya untuk memahami apa sih Bitcoin itu. Butuh waktu yang lebih lama lagi untuk saya mempercayai uang internet ajaib ini sehingga saya mau untuk membelinya. Setelah itu, butuh waktu sehingga akhirnya saya berhenti trading dan mulai mengakumulasi Bitcoin. Semoga saya dapat menghemat waktu anda dan menyelamatkan anda dari sakit hati dengan cara menyampaikan hal berikut: Mulailah mengumpulkan sats. Semakin dini anda memulai, dan semakin process nya di otomatisasi, semakin baik

Dengan demikian, berikut adalah sedikit peringatan

  • Mulailah dari yang kecil, jangan masukkan uang melebihi dari kemampuan anda untuk menanggung rugi
  • Rendah hati. Jangan jadi tamak. Jangan jadikan beban untuk anda
  • Bukan kunci anda, bukan bitcoin anda. Jangan percaya pihak ketiga. Selalu ingat bahwa pihak ketiga adalah celah keamanan
  • Jangan percaya, tapi verifikasi. Selalu asumsi bahwa semua orang adalah penipu
  • Risetlah sendiri. Bitcoin memang terbuka pada dasarnya, sehingga anda dapat bebas belajar apa bitcoin itu dan bagaimana cara kerjanya. Saya telah mengumpulkan beberapa sumber yang komprehensif jika anda membutuhkan titik awal untuk belajar.

Tidak pernah ada waktu yang tepat untuk memulai menabung bitcoin. Semakin banyak layanan yang ada agar anda dapat secara otomatis mengkonversi mata uang lokal anda ke dalam bitcoin dalam waktu satu minggu, satu bulan, atau bahkan harian. Saya tidak akan memberikan rekomendasi karena kemungkinan rekomendasi tersebut akan kadaluwarsa. Layanan apa yang terbaik untuk anda, itu yang harus anda cari tahu sendiri. Hubungi Bitcoin guy terdekat anda. Jika ia tidak tahu bagaiman mengumpulkan sats, berarti anda harus mencari tahu bitcoin guy yang lebih baik. (Dan jika saya adalah orang tersebut, silahkan untuk mengontak saya)

“Memiliki bitcoin adalah salah satu taruhan asimetris dimana orang dapat berpartisipasi dari seluruh dunia” – Vijay Boyapati

Walaupun Bitcoin adalah investasi masa depan, saya tidak melihatnya sebagai investasi spekulatif. Saya juga tidak melihatnya sebagai aset yang dapat di jual lagi ke dalam bentuk rupiah, dollar, euro atau yen. Seperti meme dibawah: Disaat anda siap, anda tidak akan pernah menjual bitcoin anda.

Neo telah mengambil pill oranye dan jatuh kedalam lubang kelinci

Siap kapanpun

Disaat anda menukarkan uang fiat dengan bitcoin, ini adalah langkah anda untuk keluar dari sistem yang tidak stabil menuju sistem anti-rapuh. Ini adalah asuransi kekayaan dan juga cara anda untuk memilih lapisan masyarakat yang lebih jujur. Saya percaya bahwa bitcoin masih memiliki potensi yang besar. Sehingga, semakin cepat anda terekspos dengan uang baru ini, semakin anda akan mendapatkan benefit dari daya beli yang semakin naik. Akan tetapi saya juga percaya bahwa Bitcoin akan dipahami oleh anda disaat anda siap. Karena itu, saya percaya bahwa fraksi bitcoin akan menemukan anda disaat anda siap untuk menerimanya. Seperti pepatah “Anda dapat mengarahkan kuda ke dalam air, tapi anda tidak akan dapat membuat kuda tersebut minum”

Anda akan menemukan bahwa memiliki bitcoin membutuhkan tanggung jawab pribadi. Anda harus mau melakukan riset sendir, anda harus belajar bagaiamna menggunakannya dan menyimpannya secara aman serta berbagai macam cara yang bisa anda lakukan untuk pihak ketiga. Tidak ada yang gratis di dunia ini, dan juga kebebasan yang diberikan oleh bitcoin harus ditukar dengan tanggung jawab pribadi

Di lain sisi, Bitcoin akan siap disaat anda siap. Dia tidak akan pergi dan tidak ada seseorang pun yang dapat menghentikan anda untuk mengumpulkannya disaat anda siap. Itulah indahnya bitcoin: dia akan selalu ada untuk anda, entah anda akan menggunakannya atau tidak.

Memang, bitcoin adalah makhluk yang aneh. Dia rumit, luar biasa, bahkan sedikit menakutkan. Akan tetapi, semakin cepat anda berteman dengan makhluk aneh ini, semakin anda akan siap menghadapi masa depan. Dan saya percaya, cara terbaik untuk berteman dengan makhluk ini adalah mulai mengumpulkan sats. Seperti kata orang bijak “Beli aja bitcoin, itu nggak susah kok”

Perhatian: Ini bukanlah saran finansial. Ini juga bukanlah saran investasi. Saya menulis surat ini supaya saya memiliki sesuatu yang bisa saya berikan kepada keluarga dan rekan jika saya ditanya tentang Bitcoin. Saya mempublikasikannya karena saya pikir bisa berguna untuk orang lain. Jika anda tidak tahu tentang saya, saya hanyalah orang random di internet. Bijaklah dalam bertindak

Artikel ini dibagikan dengan izin dari sang penulis dan mematuhi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)